Total Tayangan Laman blog Emrafi

Minggu, 30 Maret 2014

Bakery : Resep Sponge Cake 'Rendah Lemak'

Kue Spons atau 'Sponge Cake' merupakan salah satu jenis dessert dengan satu kelebihan, rendah lemak. Ya, hampir semua sponge cake rendah lemak karena bahannya cuma telur, gula, tepung, dan perasa. Namun juga ada sponge cake yang berlemak banyak seperti Victoria Sponge cake yang mengandung mentega. Resep ini adalah sponge cake klasik yang rendah lemak. Ini resepnya (sumber : VahRehVah) :

Bahan:
1. Telur, 3 butir. Saya seringnya pake 5 butir karena tiga butir ditujukan untuk loyang berdiameter 16 cm dan saya punyanya loyang persegi dengan sisi 20 cm.

2. Gula pasir 85 gram, kalau 5 butir telur jadi 140-an gram gula.

3. Tepung terigu, bisa yang buat kue ataupun yang all-purpose tapi jangan pakai tepung roti. Kalau 5 butir telur jadi 140-an gram tepung.

4. Perasa, saya pakai 1 sendok teh esens vanili/vanila. Anda bisa pakai vanili bubuk, ekstrak vanilla, bahkan biji vanilla aslinya yang merupakan bumbu termahal kedua di dunia. Anda juga bisa pakai kulit terluar (zest/rind) dari buah sitrus (jeruk, lemon ,nipis, dll) dengan cara memarut buah tersebut dengan parutan yang tajam sampai kulitnya kelihatan putih. Kalau sudah putih jangan dipatur lagi karena jadinya akan pahit.

5. Sedikit lemak (bisa minyak, mentega, shortening atau margarin), cuma agar biar kertas roti nempel di loyang.

Prosedur:

1. Lapisi seluruh bagian loyang dengan lemak, tipis-tipis aja ya, biar rendah lemak :D lagipula kalo kebanyakan jadi berminyak gitu. Kemudian, lapisi lagi bagian bawah dan sisi loyang bulat diameter 16 cm atau ukuran atau bentuk apapun (ini akan berpengaruh pada jumlah komposisi, jadi itung dulu semua bahan jika ingin pake loyang selain loyang bulat diameter 16cm) dengan kertas roti atau kertas minyak. 

2. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat selsius atau 155-160 derajat selsius jika pakai oven yang fan-forced, biasanya yang kecil itu loh, yang elektrik. Kalau pake oven yang modern (di kompor) atau yang tungku, 180 derajat selsius.

3. Taruh telur dan gula di mangkuk besar, kemudian kocok dengan mikser kecepatan tinggi sampai mengembang kira-kira 3-4 kali ukuran asli, yang kira-kira memakan waktu 8-10 menit. Adonannya harus berwarna hampir keputihan, sangat kental, dan mempunyai banyak udara. Di menit-menit terakhir, tambahkan perasa/perisa.

4. Taburi adonan dengan setengah jumlah tepung, lalu lipat-lipat adonan dengan spatula karet atau scraper atau whisk agar tepung tercampur rata. Ingat, JANGAN mencampur tapi MELIPAT yang dimana melipat akan menjaga seluruh udara di adonan tetap disitu. Kalau pakai mikser mengaduk tepungnya, nanti jadinya malah kempes makanya hati -hati melipatnya, terutama kalau anda menggunakan whisk. Kemudian, masukan setengah jumlah tepung selanjutnya dan lipat-lipat dan jangan dilipat kebanyakan. Anda hanya mau melipat sampai tepung tercampur rata.

5. Tuang adonan ke dalam loyang dan panggang Sponge Cake di oven yang panas selama kurang lebih 15 menit atau sampai tusuk gigi atau lidi ditusuk ke tengah-tengah kue keluar dengan bersih.

6. Keluarkan kue dari oven dan hantamkan loyang beberapa kali di meja agar sponge cake tidak mengecil. Kemudian, diamkan hingga dingin.

7. Ketika sudah dingin, keluarkan sponge cake dari loyang dan kupas kertas roti atau kertas minyak yang menempel di kue.Kemudian, dekorasi sesuka anda. Saya suka dekorasi kue ini hanya dengan gula tepung di atas kue.

8. Selesai!

Itulah resep Sponge Cake 'Rendah Lemak'. Selamat menikmati. Wasalam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar