Total Tayangan Laman blog Emrafi

Senin, 31 Maret 2014

Review Produk: Oven Elektrik Kirin KBO-190RA

(M)rafi punya produk bagus nih dan cocok bagian anda yang suka memanggang tapi gak bisa beli oven yang gas (yang mahal itu loh). Bayangkan saja, kompor gas oven yang kualitasnya bagus harganya berkisar antara 9-25-an juta! 

Saya aja ogah belinya, walaupun mau sih. Tetapi, sekarang di pasaran sudah beredar produk oven elektrik merek Kirin yang lumayan murah, cuma 400-600 ribuan. Volumenya hanya sebesar 19 L, namun kegunaan oven ini jangan dianggap enteng.

Oven kecil nan praktis ini memakan daya 400 watt setiap elemen pemanas yang dimana elemen pemanas itu ada dua di oven ini. Wattnya sepertinya besar, ya tapi oven listrik emang seperti itu. Namun, setelah saya beli produk ini, semua-semua tentang watt2-tan itu sepertinya hilang dari benak saya.


Saya sudah beberapa kali memanggang kue di oven ini dan hasilnya sangat MEMUASKAN. Kue matang luar dalam dan enak. Oven ini bersuhu dari 100-250 derajat Celcius dan di oven ini ada 6 pilihan mode, yaitu : Panas atas, panas bawah, panas atas-bawah (800 W), rotiserrie* panas atas, rotiserrie panas bawah dan rotiserrie panas atas-bawah (800 W). Untuk kue, saya rekomendasikan pakai panas atas bawah agar matangnya pas. Kalau hanya ingin mencoklatkan permukaan, pakai panas atas saja dan kalau ingin memanaskan bawah, pakai panas bawah. 


Untuk keamanan, setiap kali kita ingin menyalakan oven, otomatis kita ngeset timer. Jadi, ada suatu tombol pengatur tulisannya TIMER/min . Kalau ingin menyalakan oven, tombol ini tinggal diputar ke opsi waktu yang diinginkan yang secara bertahap akan habis waktunya. Jadi kalau anda lupa mematikan oven, oven ini akan mati sendiri. Waktu tersedia sampai 60 menit.



Kalau anda membeli oven ini, anda juga akan mendapat dua buah baki panggang, satu buah rak pendingin, dua buah cengkraman rotisserie, satu buah stik logam untuk rotisserie, satu buah pemegang baki panggang, dan Fish Griller (rotisserie). 

Itulah review saya tentang oven ini. Satu catatan, oven ini adalah fan-forced. Jadi, suhu di resep harus ditambah 20-25 derajat selsius dari suhu asli di resep karena suhu di resep biasanya untuk oven tungku atau gas. Di oven fan-forced, suhu yang awalnya cuma 150 drjt selsius, bisa jadi 170-175 drjt selsius jadi waktu awal2 make, saya bingung knp cake saya gosong terus. Ternyata waktu itu resep manggilnya suhu 150 derajat selsius dan saya pake temperatur segitu yang berarti di oven saya jadi 170-175-an derajat selsius, jadinya gosong deh. Setelah saya pakai temperatur yang sudah dikurangi jadi 130 derajat selsius (150-20 derajat), kuenya matang sempurna. Ngerti kan sekarang? Nah, di beberapa resep juga ada yang manggil fan-forced temperature, nah kalo itu langsung aja pake temperature yang disarankan karena sudah fan-forced. 

*rotisserie : Mode memasak yang dimana objek dipanggang dengan cara diputar-putar di dalam oven. Biasanya ini untuk ayam. Di oven ini juga ada yang buat ikan.


35 komentar:

  1. Kalo manggangnya pakai metode steam (ditaruh di loyang yang berisi air, bahaya tidak?)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga, sy pernah steam bake begitu, gapapa.aman2 aja.

      Hapus
  2. Thanks reviewnya..pasang dong hasil bakingnya ;p

    BalasHapus
  3. Numpang nanya Gan, oven ini bisa buat panasin makanan gak ya? Thanks ^ ^

    BalasHapus
  4. Aq mau beli oven kirin juga nih ka, cuma bingung.. antara kirin 190 Ra atau 200 Ra, bisa kasih masukan gak? Soalnya saya suka bikin kue, bolu, brownies, dll.

    BalasHapus
  5. Aq mau beli oven kirin juga nih ka, cuma bingung.. antara kirin 190 Ra atau 200 Ra, bisa kasih masukan gak? Soalnya saya suka bikin kue, bolu, brownies, dll.

    BalasHapus
  6. Saya baru saja beli yang Oven Kirin KBO 200 RAB dan sangat puas pakainya

    BalasHapus
  7. Saya baru saja beli yang Oven Kirin KBO 200 RAB dan sangat puas pakainya

    BalasHapus
  8. Kak.. suhunya ditambah atau dikurang 20-30 dr suhu resep?

    BalasHapus
  9. Kak.. suhunya ditambah atau dikurang 20-30 dr suhu resep?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dikurangi. Sudah jelas diatas

      Hapus
    2. Tapi awalnya ada tulisan di tambahkan 20-25°c dari suhu asli, kemudian di bawahnya di tulis harus di kurangi 20°c dari resep asli. Mohon penjelasaannya min

      Hapus
    3. Iya aku juga bingung bacanya

      Hapus
  10. Gan, saya baru beli kemarin oven kirin 19L. Tapi kok tutup kacanya yg bagian kanan bawah agak goyang ya ? terus di tepi pintu oven bagian atas kiri kanan ada kayak karet bulat putih itu gunanya apa ya gan ?

    BalasHapus
  11. Ih rafi suka blognya kapan kapan bikinin gue kue yah -onil

    BalasHapus
  12. loyang untuk keringnya ada dijual ga ya? biar bisa langsung bake berapa susun gitu?

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Kak, kalau ukuran loyang maksimal masuk ukuran berapa ya? yang 19RA. Terimakasih.

    BalasHapus
  15. kl kirin type kbo 350 RA , sdh ada yg pake belum.
    soanya loyang saya ngga muat kl yg kecil
    maklum dpt turunan loyang dr kakak yg meninggal.
    tks

    BalasHapus
  16. kl kirin type kbo 350 RA , sdh ada yg pake belum.
    soanya loyang saya ngga muat kl yg kecil
    maklum dpt turunan loyang dr kakak yg meninggal.
    tks

    BalasHapus
  17. saya beli kiri 350 RA juga tapi elemenya rusak saya bisa beli dimanaya elemenye???

    BalasHapus
  18. Dimana beli elemen kirinya Gan punya saya 600 ra jebol elemenya

    BalasHapus
  19. Mau tanya, misalkan oven di set suhu 150 atau 200, termometer dalem suhunya berapa yah? Thanks

    BalasHapus
  20. Saya pake kirin juga, tapi suhu yg saya set misal 200 tp saat tak masukkan termoter di dlm y kok panas y cm 150 ya, ini temperatur lama banget naiknya, kira2 kenapa ya? Apa bs d servisekan n klo nyervise oven kemana?

    BalasHapus
  21. Saya pake kirin juga, tapi suhu yg saya set misal 200 tp saat tak masukkan termoter di dlm y kok panas y cm 150 ya, ini temperatur lama banget naiknya, kira2 kenapa ya? Apa bs d servisekan n klo nyervise oven kemana?

    BalasHapus
  22. Saya pake kirin juga, tapi suhu yg saya set misal 200 tp saat tak masukkan termoter di dlm y kok panas y cm 150 ya, ini temperatur lama banget naiknya, kira2 kenapa ya? Apa bs d servisekan n klo nyervise oven kemana?

    BalasHapus
  23. Mau tanya klo beli pemanas apinya dimana ya sbboven sy mati sebelah yg dpn...atau tmpat perbaikan dimana .....tlg bantuanya brader tks

    BalasHapus
  24. Saya baru beli kirin kbo 190ltra kalo panas atas bawah dinyalakan itu elemen panasnya tidak berubah merah,tp kalo atas aja atau bawah aja berubah jd merah,,ini memang begitu atau berarti tdk berfungsi panas atas bawahnya,,mohon bantuanya,,tks,

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum.salam kenal mbak.kl mau baking dg loyang kue bulat, maksimal diameter loyang yg sesuai dg tipe oven yg ini yg berapa ya?trm ksh

    BalasHapus
  26. wahahahaha... mbak.. pantesan kemarin cake saya gosong. suhu resep 180 derajat, harusnya saya pakai 150 atau 160 derajat ya. Bari tau saya.
    Trims infonya :)

    BalasHapus
  27. Kirin saya kok gak terlalu panas ya, saya memang sebelumnya blm prnh punya oven listrik. Klo oven kompor itu ya sllu jadi bolu buatan saya, ini kok gk matang matang boluny. Trimz

    BalasHapus
  28. Ada yg pernah bikin sus pake oven kirin?
    aQ bikin koq g mw ngembang ya..
    Suhu resep 200..Q pake sesuai resep.
    ada yg pnya solusi? nuhun 🙏🏻

    BalasHapus
  29. Elemen oven sy ko ga berubah jadi merah ya?apa emang begitu?soalnya pas di tes di toko nya pun seperti itu.pernah pake oven merk yg lain ko elemennya berubah merah saat digunakan.

    BalasHapus
  30. Ka kalau beli baki panggangnya nya dimana ya?

    BalasHapus
  31. Klo u kue bolu, cocoknya loyang diameter brp u kirin kbo 190ra

    BalasHapus